PPPK di Mataram Capai 263, Masih Defisit Guru

Selasa, 13 Desember 2022 – 18:12 WIB
PPPK di Mataram Capai 263, Masih Defisit Guru - JPNN.com NTB
Kota Mataram masih kekurangan guru. Ilustrasi Foto: Ama for JPNN.com

ntb.jpnn.com, MATARAM - Dinas Pendidikan Kota Mataram, NTB, saat ini masih defisit 550 guru.

Adanya kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diterima tahun ini sebanyak 263 orang juga dinilai belum bisa melengkapi kekurangan guru tersebut.

"Berdasarkan hasil analisis kami, dari kuota itu jelas masih kurang, belum lagi untuk kebutuhan tahun 2023 masih akan bertambah karena banyak sekali guru yang akan masuk masa pensiun," kata Kadis Pendidikan Kota Mataram, Yusuf Zain, Selasa (13/12).

Terkait dengan itu, Yusuf berharap kuota atau formasi PPPK untuk guru tetap diberikan oleh pemerintah pusat di tahun 2023, agar pemerintah daerah bisa memasukkan usulan untuk kebutuhan tenaga guru.

Kekurangan ini bukan hanya soal jumlah guru kelas, tetapi juga jumlah guru mata pelajaran masih kurang. Baik untuk guru SD maupun SMP di Kota Mataram.

"Guru kelas dan mata pelajaran sama-sama kita masih kekurangan sebab mereka diangkat dan akan pensiun juga bersamaan. Termasuk kepala sekolah banyak yang pensiun Desember ini. Tetapi untuk data ada di kantor," kata Yusuf yang ditemui di Kantor Wali Kota Mataram.

Menurutnya, untuk mengatasi kekurangan guru tidaklah mudah sebab pemerintah daerah sudah tidak bisa mengangkat tenaga honorer baru sehingga Disdik menyerukan untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan guru dan tenaga honorer yang ada.

"Jam mengajar guru minimal 24 jam dan maksimal 40 jam seminggu. Itu yang akan kita optimalkan. Sekarang masih menggunakan jam minimal belum yang maksimal," katanya.

Disdik menyebutkan bahwa Kota Mataram saat ini masih kekurangan 550 guru
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia