Perintah Penting! DPRD NTB Harapkan UPTD Pemprov di Gili Trawangan Kejar PAD

Sabtu, 10 Desember 2022 – 09:32 WIB
Perintah Penting! DPRD NTB Harapkan UPTD Pemprov di Gili Trawangan Kejar PAD - JPNN.com NTB
Seorang wisatawan asing tertidur di trotoar jalan kawasan wisata Gili Trawangan, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Selasa (16/4/2019). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Anggota Komisi III DPRD NTB Bidang Keuangan dan Perbankan, Lalu Wirajaya, mengharapkan UPTD Pemprov di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara untuk fokus mengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Ingat, total nilai aset Pemprov NTB di Gili Trawangan saja angkanya sebesar Rp 2,3 triliun. Ini merujuk perhitungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara tahun 2018, tapi yang masuk ke kas daerah sebagai PAD sangat minim. Maka, kita minta UPT yang baru terbentuk dapat lebih fokus dan serius untuk mengurus hal itu," ujar Wirajaya di Mataram, Jumat (9/12).

Ia menilai langkah Pemprov NTB, dalam membentuk UPTD di kawasan Tiga Gili, yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, sudah tepat.

Hanya saja, pembentukan satu UPTD baru itu harus disertai dengan kemampuan mengoptimalkan PAD di salah satu destinasi wisata unggulan pariwisata di NTB itu.

"Setelah UPTD terbentuk, kami mendorong agar Pemprov, mulai fokus untuk melakukan inventarisasi potensi PAD di Gili Trawangan," katanya.

Menurut dia, ketika kinerja baik, fokus dan serius, maka angka peningkatan pendapatan yang ditargetkan sebesar Rp 254 miliar di APBD tahun 2023, sangat masuk akal.

"Saya optimis bisa lebih dari angka itu, asalkan sistem yang harus di bangun harus jelas. Selain itu, sumber daya manusianya juga harus sesuai dan mumpuni. Termasuk, sarana dan prasarananya juga harus memadai seperti kantor UPT-nya harus representatif," tegas Wirajaya. 

Sebelumnya, Tenaga Ahli Menteri ATR/BPN Bidang Pengadaan Tanah, Arie Yuriwin, saat bertemu dengan masyarakat dan pelaku usaha di Gili Trawangan menjelaskan status tanah tersebut.

DPRD NTB mengharapkan agar UPTD Pemprov di Gili Trawangan fokus kejar PAD
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia