Malaysia Paling Menggiurkan di Mataram, Ini Alasannya

Selasa, 29 November 2022 – 07:39 WIB
Malaysia Paling Menggiurkan di Mataram, Ini Alasannya - JPNN.com NTB
Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram H Rudi Suryawan. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Calon pekerja migran Indonesia (PMI) atau TKI asal Kota Mataram lebih banyak yang memilih negara tujuan Malaysia dibandingkan negara-negara lainnya.

"Kondisi itu bisa kita lihat dari total jumlah PMI asal Kota Mataram periode 1 Januari-27 November 2022, tercatat 620 orang. Dari jumlah itu, 466 orang memilih Malaysia sebagai negara tujuan dan sisanya ke negara lainnya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram Rudi Suryawan, Senin (28/11).

Pernyataan itu disampaikan sebelum kegiatan pelepasan 215 calon PMI se-Nusa Tenggara Barat, dengan negara tujuan Malaysia di Pendopo Wali Kota Mataram.

Dari 215 calon PMI atau TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang akan diberangkatkan itu, dua orang dari Kota Mataram dan sisanya dari kabupaten/kota lainnya di NTB.

Menurutnya, tingginya minat calon PMI ke Malaysia ini kemungkinan karena adanya kerja sama atau MoU pemerintah dengan negara tujuan yang memberangkatkan PMI secara gratis.

"Calon PMI ini banyak yang ke Malaysia mungkin karena pertimbangan dibiayai pemerintah atau gratis. Baik itu untuk tiket pesawat, paspor, cek kesehatan maupun biaya-biaya lainnya," katanya.

Program pemberangkatan PMI ke Malaysia secara gratis ini sebagai satu upaya pemerintah menekan PMI ilegal, dan agar calon PMI mau mengurus administrasi keberangkatan secara resmi.

"Program 'zero cost' merupakan program pemerintah melalui Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) khusus tujuan ke Malaysia," katanya.

Calon pekerja migran asal Mataram lebih banyak memilih ke Malaysia daripada negara tujuan lain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia