NTB Bumi Sejuta Sapi, Begini Langkah Riilnya

Minggu, 30 Oktober 2022 – 12:00 WIB
NTB Bumi Sejuta Sapi, Begini Langkah Riilnya - JPNN.com NTB
Ketua Kelompok Ternak Ndeq Ulak Ngawis, Kelurahan Pagutan Barat, Kota Mataram, NTB, I Nengah Bagiarte menunjukkan tempat pengolahan limbah sayuran menjadi pakan ternak alternatif. (ANTARA/HO-PLN)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Simak kegiatan Kelompok Ndeq Ulak Ngawis yang sungguh nenginspirasi ini. 

Dengan bntuan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara,  Kelompok Ternak di Kelurahan Pagutan Barat, Kota Mataram ini bisa mengolah limbah sayuran menjadi pakan ternak alternatif.

PLN melaksanakan kegiatan ini sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial lingkungan.

Sebagaimana diungkapkan General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Wahidin, pihaknya mengaku antusias melihat perkembangan dan capaian Kelompok Ndeq Ulak Ngawis, yang dari awal terus melakukan perbaikan dan menunjukkan perkembangan yang signifikan.

"Program tanggung jawab sosial lingkungan yang dilakukan oleh PLN diselaraskan dengan agenda besar pemerintah daerah melalui misi NTB bumi sejuta sapi," katanya.

Dengan demikian, masyarakat NTB  mampu menciptakan populasi ternak yang optimal.

Ia mengatakan, pihaknya merespons beberapa kendala yang dihadapi oleh masyarakat sekitar, terutama kelompok ternak yang tumbuh di wilayah yang tidak memiliki lahan luas dan hamparan hijau yang merupakan sumber pakan utama untuk peternakan hewan ternak.

Seiring berjalannya proses, kata Wahidin, potensi yang muncul dari aktivitas program bantuan tersebut tidak bertumpu pada penggemukan hewan ternak saja, melainkan memunculkan potensi pengembangan usaha kecil dan menengah melalui terobosan penggunaan teknologi yang mampu menghasilkan pakan alternatif dari pemanfaatan limbah organik menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomis.

Dalam mewujudkan misi NTB menjadi bumi sejuta sapi, ada langkah riil yang dilakukan kelompok ternak di Mataram
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia