Longsor di Lombok Utara, Hal Ini Jadi Biang Kerok

Rabu, 19 Oktober 2022 – 08:57 WIB
Longsor di Lombok Utara, Hal Ini Jadi Biang Kerok - JPNN.com NTB
Ilustrasi - Petugas kepolisian bersama BPBD dan relawan mengecek kondisi titik longsor yang ada di jalur lalu lintas dari arah Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, menuju Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Senin (17/10/2022). ANTARA/HO-Polda NTB

ntb.jpnn.com, LOMBOK UTARA - Akibat hujan lebat beberapa hari terakhir ini, longsor dan banjir terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terkait dengan hal itu, Ketua Komisi IV Bidang Infrastruktur dan Pembangunan DPRD Nusa Tenggara Barat, Achmad Puaddi menduga penyebab banjir dan tanah longsor di sekitar kawasan wisata di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara diakibatkan alih fungsi lahan.

"Kemungkinan ada perubahan fungsi lahan di sana," kata Achmad Puaddi, Selasa (18/10).

Pasalnya, longsor belum pernah terjadi sebelumnya.

Sebagai tindak lanjut dugaan ini, pihaknya berencana akan turun lapangan untuk meninjau lokasi tersebut untuk memastikan kondisi lingkungan di sekitar, karena dari informasi sementara yang dihimpun, terdapat banyak bangunan di atas perbukitan kawasan wisata tersebut.

"Seperti apa tata ruangnya, kami akan tinjau perizinan bangunan yang ada di tempat itu," ujarnya.

Menurut anggota DPRD NTB dari daerah pilihan (dapil) Kabupaten Lombok Tengah ini, pemerintah daerah perlu meninjau lokasi tersebut secara komprehensif untuk mencari penyebab utama bencana longsor yang terjadi di kawasan wisata tersebut.

Karena, pihaknya tidak meyakini bencana banjir dan longsor di wilayah itu bukan disebabkan karena tingginya curah hujan semata.

Tingginya alih fungsi lahan diduga menjadi penyebab terjadinya longsor di Lombok Utara
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia