Alami Longsor, Jalur Senggigi-Pemenang Ditutup Sementara

Senin, 17 Oktober 2022 – 11:15 WIB
Alami Longsor, Jalur Senggigi-Pemenang Ditutup Sementara - JPNN.com NTB
Petugas kepolisian bersama BPBD dan relawan mengecek kondisi titik longsor yang ada di jalur lalu lintas dari arah Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, menuju Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Senin (17/10/2022). (ANTARA/HO-Polda NTB)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Akibat longsor yang terjadi Minggu (16/10),  kepolisian menutup sementara jalur lalu lintas dari arah Senggigi, Kabupaten Lombok Barat menuju Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. 

"Karena ada sejumlah titik di sepanjang 10 kilometer ruas jalan wilayah Pemenang Barat tertutup material longsor, petugas memutuskan untuk menutup dan mengalihkan sementara jalur ke Lombok Utara melalui kawasan Hutan Pusuk," kata Kepala Bidhumas Polda NTB Kombes Pol Artanto, Senin (17/10).

Terkait keputusan menutup akses transportasi untuk wilayah tepian Barat Pulau Lombok tersebut, Artanto mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Utara.

Ia mengatakan penyebab longsor yang terjadi pada Minggu (16/10) petang karena curah hujan yang cukup tinggi yang mengakibatkan tujuh titik di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara terdampak longsor dan banjir.

Banjir dan longsor terjadi di Desa Pemenang Barat, Desa Menggala dan lima dusun di Desa Melaka, di antaranya Dusun Setangi, Lendang Luar, Nipah, dan Malimbu.

Sementara, warga terdampak tercatat sebanyak 153 Kepala Keluarga (KK) atau 478 jiwa di Dusun Malimbu, 93 KK atau 281 jiwa di Dusun Setangi dan 105 KK atau 321 jiwa di Dusun Nipah.

"Menurut informasi, banjir dan longsor ini terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang mulai pukul 13.30 WITA sampai 15.00 WITA," ujarnya.

Pihaknya bersama tim BPBD masih melakukan evakuasi dan penyelamatan warga serta harta benda berharga di lokasi terdampak. Giat pembersihan dampak banjir dan longsor juga masih berjalan.

Akibat longsor, polisi melakukan penutupan sementara untuk jalur Senggigi-Pemenang
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia