Waspda Bencana! BPBD Mataram Edukasi Siwa

Kamis, 13 Oktober 2022 – 18:30 WIB
Waspda Bencana! BPBD Mataram Edukasi Siwa - JPNN.com NTB
Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Ahmad Muzaki. ANTARA/Nirkomala

ntb.jpnn.com, MATARAM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyatakan siap turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi mitigasi bencana sebagai upaya mengurangi risiko dampak bencana.

"Kami siap turun berdiskusi dengan para guru, serta memberikan edukasi mitigasi bencana kepada siswa," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Ahmad Muzaki, Kamis (13/10).

Pernyataan itu disampaikan menyikapi perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan dan sesuai informasi BMKG puncak musim hujan diprediksi bulan Desember 2022.

Oleh karena itu, semua elemen masyarakat termasuk kalangan dunia pendidikan harus bersiap menghadapi cuaca ekstrem pada puncak musim hujan disertai petir dan angin kencang.

"Karena itulah, edukasi mitigasi bencana perlu kita lakukan untuk membekali anak-anak melakukan pencegahan sedini mungkin," katanya.

Kota Mataram merupakan salah satu dari 10 kabupaten/kota di NTB yang memiliki enam jenis bencana dari 10 jenis bencana yang kerap terjadi di NTB.

Selain gempa disertai tsunami, bencana lain yang mengancam wilayah Kota Mataram adalah banjir, kebakaran permukiman, konflik sosial, gelombang pantai, dan abrasi.

"Untuk tahap awal pemberian edukasi mitigasi bencana kita diprioritaskan ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah rawan bencana seperti di kawasan pesisir pantai dan pinggir sungai," katanya.

BPBD Mataram segera turun ke sekolah untuk memberikan edukasi mitigasi bencana
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia