Perbandingan Gempa Turki, Yogyakarta, Aceh & Cianjur

Rabu, 08 Februari 2023 – 16:46 WIB
Perbandingan Gempa Turki, Yogyakarta, Aceh & Cianjur - JPNN.com NTB
Dua wanita berdiri dekat puing-puing bangunan di Gaziantep, Turki, pada 7 Februari 2023. (REUTERS/SUHAIB SALEM)

ntb.jpnn.com - Jumlah korban akibat gempa bumi di Turki bagian tenggara dan Suriah sisi utara, paling tidak, sudah mendekati 8.000 orang.

Gempa dahsyat ini bermagnitudo 7,8 SR.

Gempa berkedalaman 18 km dengan episentrum di daratan di Provinsi Gaziantep yang dekat dengan perbatasan Turki-Suriah itu, terjadi pukul 04.17 pagi waktu setempat atau 08.17 WIB.

Gempa ini segera diikuti ratusan gempa susulan yang salah satunya berkekuatan magnitudo 6,7 atau beda tipis dengan kekuatan gempa utama.

Kedahsyatan dan skala kerusakan yang diakibatkan gempa itu, termasuk jumlah nyawa manusia yang direnggutnya, membuat gempa Turki menjadi gempa yang tergolong dahsyat sepanjang abad ke-21.

Kedahsyatan gempa ini hanya satu tingkat di atas gempa Yogyakarta yang terjadi pada 2006 dan menelan korban jiwa hingga 5.782 orang.

Gempa Aceh yang memicu tsunami besar pada 26 Desember 2004.

Peristiwa ini merenggut hampir 230 ribu jiwa yang kebanyakan karena ditenggelamkan dan diseret gelombang tsunami. Gempa tersebut  adalah yang paling dahsyat sepanjang abad 21.

Perbandingan gempa Turki dengan yang pernah terjadi di Yogyakarta, Aceh, dan Cianjur belum lama ini
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia