Gempa Turki-Suriah, Lembaga Zakat Diminta Turun Tangan

Kamis, 09 Februari 2023 – 14:52 WIB
Gempa Turki-Suriah, Lembaga Zakat Diminta Turun Tangan - JPNN.com NTB
Lembaga Zakat Sedunia Diminta Bantu Korban Gempa Turki-Suriah. Foto: iatmgrup

ntb.jpnn.com - Menurut Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD), setidaknya 2.379 orang di Turki tewas, beberapa ribu lainnya luka-luka serta setidaknya 5.606 bangunan runtuh.

Terkait dengan hal tersebut, World Zakat and Waqf Forum (WZWF) meminta agar lembaga zakat dan wakaf sedunia membantu korban gempa di Turki dan Suriah.

Gempa bumi berkekuatan 7,8 SR ini mengguncang Gaziantep, Turki, Senin (6/2) pukul 4.17 dini hari waktu setempat.

Seketraris Jenderal WZWF Zainulbahar Noor mengajak seluruh organisasi zakat di seluruh dunia menunjukkan komitmennya membantu para korban.

"Khususnya negara-negara anggota WZWF untuk berdiri bersama dalam memberikan bantuan darurat dan kemanusiaan," kata Zainulbahar dalam keterangannya, Kamis (9/2).

Dia mengatakan zakat, infaq, dan sedekah dimaksudkan untuk mengentaskan kemiskinan dan menciptakan kesejahteraan sosial, sehingga WZWF perlu mengambil tindakan dan menanggapi tragedi ini.

Menurutnya, perempuan, penyandang disabilitas, orang tua, anak-anak, dan remaja yang seringkali terkena dampak yang paling besar dalam bencana perlu diprioritaskan.

"Pemberian bantuan ini terutama terkait kebutuhan-kebutuhan spesifik dan ditangani dengan tanggap dan cepat," tuturnya.

Masifnya korban atas gempa Turki, lembaga zakat sedunia diminta untuk turun tangan memberikan bantuan
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia