Gempa Bumi Dangkal Terjadi di Bali, Terasa Hingga Lombok, Akibat Sesar Naik Flores

Rabu, 14 Desember 2022 – 10:15 WIB
Gempa Bumi Dangkal Terjadi di Bali, Terasa Hingga Lombok, Akibat Sesar Naik Flores - JPNN.com NTB
Lokasi gempa bumi di Karangasem Bali (ANTARA/BMKG Mataram)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Gempa susulan masih terjadi di Karangasem, Bali, pada Selasa (13/12) malam, pukul 22.32 WIB di koordinat 8,23 Lintang Selatan dan 115,58 Bujur Timur, dengan Magnitudo 3,3.

Gutaran tersebut juga terasa di berbagai wilayah sekitar Karangasem, seperti Tabanan, Kuta, Buleleng, bahkan hingga Nusa Tenggara Barat, antara lain Mataram, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lombok Timur.

Badan Meteolorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dalam laman resminya, Selasa malam, mencatat setidaknya terjadi lima kali gempa bumi dengan magnitudo bervariasi sejak pukul 16.56 WIB.

Gempa pertama berkekuatan magnitudo 4,8, kemudian 4,7, dan ketiga mencapai magnitudo 5,2, kemudian 4,6, yang semuanya berpusat di laut ke arah timur laut Karangasem, Bali.

Akibat rentetan gempa tersebut, setidaknya delapan rumah dan satu balai masyarakat rusak di Karangasem, saat gempa berkekuatan magnitudo 5,2 yang mengguncang pada pukul 17.38 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem dan melaporkan dua kecamatan yang merasakan guncangan, yakni Kecamatan Kubu dan Manggis.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengonfirmasi bahwa gempa di wilayah Karangasem, terjadi akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores (Flores back arc thrust).

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores," ujarnya. (antara/ket/jpnn)

Gempa susulan masih terjadi di Karangasem Bali, yang merupakan jenis gempa dangkal yang diakibatkan aktivitas Sesar Naik Flores

Redaktur & Reporter : Ketut Efrata

Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia