Info Desember: Musim Hujan di NTB Mulai Merata

Rabu, 14 Desember 2022 – 09:37 WIB
Info Desember: Musim Hujan di NTB Mulai Merata - JPNN.com NTB
Musim hujan di NTB mulai merata. Ilustrasi: Ricardo/JPNN com

ntb.jpnn.com, PRAYA - Hujan pada pertengahan Desember 2022 mulai merata di 10 kabupaten/kota di wilayah Nusa Tenggara Barat.

"Warga diharapkan tetap mewaspadai potensi curah hujan tinggi di wilayah NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Nusa Tenggara Barat, Nindya Kirana dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/12).

BMKG menyatakan, peluang curah hujan pada dasarian II Desember 2022 di NTB dengan intensitas >20 mm/dasarian berpeluang tinggi terjadi di seluruh wilayah NTB dengan probabilitas > 80 persen.

Curah hujan dengan intensitas >50 mm/dasarian juga diprakirakan terjadi di seluruh wilayah NTB dengan probabilitas <20 - 80 persen.

"Peluang curah hujan dengan intensitas 100 mm/dasarian berpeluang terjadi di wilayah Pulau Lombok bagian tengah dengan probabilitas >30- 60 persen," katanya.

Memasuki periode musim hujan yang mulai merata di seluruh wilayah NTB, masyarakat diharapkan dapat terus waspada akan adanya bencana hidrometeorologi.

Potensi bencana dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal seperti hujan lebat, angin kencang, tanah longsor dan banjir.

"Masyarakat juga dihimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas," katanya.

BMKG menyebutkan bahwa musim hujan di NTB pada sejak Desember ini mulai merata
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia