Sosialisasi Pemilu 2024 dalam OSIS SMAN 5 Mataram

Selasa, 04 Oktober 2022 – 12:40 WIB
Sosialisasi Pemilu 2024 dalam OSIS SMAN 5 Mataram - JPNN.com NTB
Kegiatan pemilihan Ketua OSIS SMAN 5 Mataram, Nusa Tenggara Barat, melalui sistem demokrasi sesuai dengan pembinaan dari anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram, Senin (3-10-2022). ANTARA/KPU Kota Mataram

ntb.jpnn.com, MATARAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, melakukan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 di sejumlah sekolah.

Sosialisasi tersebut dilakukan melalui pendampingan pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS).

"Hari ini kami mendampingi pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS SMAN 5 Mataram," kata Ketua KPU Kota Mataram M. Husni Abidin, Senin (3/10).

Menurut Husni yang didampingi Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Mataram Sopan Sofian Hadi, melalui pendampingan ini, dapat melatih pelajar untuk berdemokrasi dan melaksanakan hak-hak politiknya.

Selain itu, siswa bisa mengenal lebih dini bagaimana demokrasi, khususnya tahapan pelaksanaan pemilu.

"Jadi, ketika sudah memiliki hak pilih, mereka bisa menyalurkan hak pilihnya dengan benar serta sesuai dengan ketentuan dan tidak menjadi golongan putih (golput)," katanya.

Pendampingan dalam proses pemilihan Ketua OSIS SMAN 5 Mataram, kata dia, telah dilakukan secara rutin, mulai persiapan tahapan, pendaftaran calon kandidat, seleksi, penyampaian visi dan misi calon, pengumuman calon, pendataan calon pemilih, pencoblosan atau pemungutan suara, hingga tahapan penghitungan suara.

"Alhamdulillah, kalau di SMAN 5, pemilihan ketua OSIS sudah kayak pemilu. Ada tempat pemungutan suara (TPS), daftar pemilih tetap (DPT), dan lainnya dipraktikkan langsung," katanya.

KPUD mulai melakukan sosialisasi tentang ajang Pemilu 2024 melalui kegiatan OSIS SMAN 5 Mataram, coba tengok
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia