Bantuan untuk Nelayan, Antisipasi Kenaikan BBM

Rabu, 14 September 2022 – 11:37 WIB
Bantuan untuk Nelayan, Antisipasi Kenaikan BBM - JPNN.com NTB
Kapal nelayan berada di pinggir pantai. Ilustrasi. ANTARA/Anggi Mayasari

ntb.jpnn.com, MATARAM - Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, NTB, mengeluarkan ratusan rekomendasi kepada nelayan untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) menggunakan jeriken.

"Rekomendasi ini sebagai satu solusi agar nelayan bisa tetap membeli BBM di SPBU menggunakan jeriken, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kota Mataram H Irwan Harimansyah, Selasa (13/9).

Jumlah nelayan di Kota Mataram saat ini mencapai 1.200 orang, dan sepertiganya atau sekitar 400 orang sudah mendapatkan rekomendasi dari DKP Kota Mataram.

Sisanya masih dalam proses dan kelompok nelayan yang ada sudah diinformasikan untuk mengurus anggota masing-masing agar mendapatkan rekomendasi.

"Bagi yang belum punya kartu tanda nelayan (KTN) juga harus diurus, sebab untuk mendapatkan rekomendasi nelayan harus punya KTN dan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP)," katanya.

Harapannya, dengan rekomendasi pembelian BBM untuk nelayan ini bisa menekan peluang pembelian BBM menggunakan jeriken bukan dari nelayan.

"Kalau tidak ada rekomendasi, kami khawatir banyak pembeli bukan nelayan," katanya.

Di sisi lain untuk membantu nelayan, DKP Kota Mataram juga telah berkoordinasi dengan Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) mencari solusi dampak kenaikan harga BBM bagi para nelayan guna menekan inflasi.

Untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM subsidi, Dinas DKP memberikan rekomendasi bagi nelayan
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia