Jalan Rawan Longsor Mulai Digarap, Lihat Lokasinya

Senin, 05 September 2022 – 08:26 WIB
Jalan Rawan Longsor Mulai Digarap, Lihat Lokasinya - JPNN.com NTB
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Miftahurrahman. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pengerjaan proyek jalan rawan longsor yang ada di jalan pinggir Kali Jangkuk bagian utara wilayah Dasan Sari dan jalan pinggir Kali Jangkuk bagian selatan di Dasan Agung, telah dimulai.

Demikian diungkapkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Untuk pengerjaan jalan di wilayah Jalan Udayana-Dasan Sari Kali Jangkuk sepanjang 1,1 kilometer, pekerjaannya kini sudah mencapai sekitar 20,03 persen," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Miftahurrahman, Minggu (4/9).

Sementara, untuk anggaran proyek perbaikan jalan rawan longsor ini bersumber dari pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) total sekitar Rp 10 miliar untuk tiga titik.

Khusus untuk di Jalan Udayana Dasan Sari anggaran sebesar Rp 3,7 miliar dan bagian selatan di Dasan Agung Rp 621 juta.

Menurutnya, berdasarkan hasil kajian pengerjaan proyek untuk jalan di Dasan Sari ternyata penurunan struktur jalan yang dinilai rawan longsor dipicu karena adanya pipa besar milik PDAM Giri Menang Mataram.

"Konstruksi jalan yang turun hingga kondisi miring dan pecah-pecah bukan karena pengaruh hempasan air sungai, melainkan karena bekas galian pipa," katanya.

Karena itulah, pengerjaan jalan di kawasan itu saat ini masih dilakukan kajian untuk mematangkan posisi pipa secara struktur agar tidak penurunan konstruksi jalan tidak terulang lagi.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Mataram mulai mengerjakan jalan rawan longsor
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia