Pemprov NTB Target PAD Gili Trawangan Rp 366 Miliar, Dewan Anggap Tak Masuk Akal

Rabu, 31 Agustus 2022 – 09:04 WIB
Pemprov NTB Target PAD Gili Trawangan Rp 366 Miliar, Dewan Anggap Tak Masuk Akal - JPNN.com NTB
Ilustrasi. Sejumlah wisatawan siap berlibur di Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pemprov NTB menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk kawasan wisata Gili Trawangan sebesar Rp 366 miliar.

Atas nominal ini, Ketua Komisi I DPRD Nusa Tenggara Barat (NTB), Syirajuddin menilai terlalu tinggi.

"Pertanyaan kami, apa yang mendasari atau melatarbelakangi Pemprov, khususnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sehingga berani memproyeksikan target PAD sebesar Rp 366 miliar dari objek atau lahan milik Pemprov seluas 65 hektar ini, sementara realisasinya sampai Agustus ini baru mencapai angka Rp 201 juta," ujarnya di Gedung DPRD NTB di Mataram, Selasa (30/8).

Ia mengatakan, Komisi I DPRD secara tegas meminta kepada Pemprov NTB melalui Biro Hukum agar dapat memperlihatkan dokumen resmi yang dimiliki oleh Pemprov NTB terkait dengan kepemilikan aset tersebut serta payung hukum yang diterbitkan dalam melakukan pengelolaan aset Gili Trawangan yang memperkuat rencana PAD sebesar Rp 366 miliar.

"Regulasi yang mengatur terkait dengan adanya perikatan dan kerjasama dengan pihak pengelola itu harus jelas. Sebab jika tidak ada regulasi yang memayunginya maka bisa jadi itu akan menjadi pungutan liar," ucap Syirajuddin.

Untuk itu, pihaknya telah pertanyakan hal itu ke Karo Hukum saat rapat dengan Komisi I, namun Karo Hukum belum bisa menjelaskan persoalan tersebut lebih lanjut.

“Makanya kami akan agendakan rapat lanjutan terkait dengan masalah ini agar OPD-OPD terkait ini dapat melengkapi dokumennya untuk kita pelajari dan telaah lebih lanjut,” ucapnya.

Pentingnya mempelajari dokumen atau berkas terkait pengelolaan Gili Trawangan ini, menurutnya, agar dapat dilakukan telaah secara bersama terkait dengan landasan eksekutif dalam menargetkan PAD yang begitu fantastis tersebut.

Pemprov NTB menargetkan PAD dari kawasan Gili Trawangan mencapai Rp 366 Miliar, DPRD anggap angka ini tak masuk akal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News