Pasar Hewan Selagalas Dibuka, Distan Sedia Pasukan Khusus

Senin, 29 Agustus 2022 – 16:00 WIB
Pasar Hewan Selagalas Dibuka, Distan Sedia Pasukan Khusus - JPNN.com NTB
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram Dedy Supriady. (ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pemerintah menerapkan prosedur operasi standar (SOP) yang ketat saat kembali membuka Pasar Ternak Selagalas di Kota Mataram, NTB.

Pasar ternak ini akan kembali dibuka setelah ditutup sejak Mei lalu akibat virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

“SOP ini akan menjadi dasar pengawasan operasional di Pasar Ternak Selagalas, agar wabah PMK tidak merebak lagi," kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram Dedy Supriady, Minggu (28/8).

Dikatakannya, salah satu regulasi yang disiapkan dalam SOP tersebut adalah penyiapan petugas pengawas khusus untuk memastikan bahwa ternak yang masuk merupakan ternak sehat dan bebas dari PMK, serta memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKTH).

Terkait dengan hal itu, Distan saat ini sedang menyiapkan petugas pengawas yang nantinya akan melakukan pengecekan terhadap ternak-ternak yang masuk di Pasar Ternak Selagalas.

Menurutnya, pembukaan Pasar Ternak Selagalas saat ini sedang menunggu izin dari Pemerintah Provinsi NTB karena surat izin pembukaan Pasar Ternak Selagalas telah diusulkan sejak pekan lalu.

Usulan pembukaan Pasar Ternak Selagalas salah satunya berdasarkan temuan kasus PMK di Kota Mataram yang sudah sangat landai, dengan sisa kasus PMK hanya lima ekor sapi.

Lima ekor sapi yang masih diisolasi itu terpapar gejala ringan dan diyakini segera sembuh dengan berbagai pengobatan dan perawatan yang dilakukan oleh tim.

Pasar Hewan Selagalas akan kembali dibuka setelah tutup dalam beberapa bulan, Distan siapkan pasukan khusus
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia