Lombok Tengah Siap Laksanakan Program Desa Cerdas, Tinggal Tunggu Aba-aba

Jumat, 26 Agustus 2022 – 10:26 WIB
Lombok Tengah Siap Laksanakan Program Desa Cerdas, Tinggal Tunggu Aba-aba  - JPNN.com NTB
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Tengah M Zaenal Mustakim. (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Pemkab Lombok Tengah,  Nusa Tenggara Barat, masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan Program Desa Cerdas.

"Kami masih menunggu arahan dari Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Tengah M Zaenal Mustakim, Kamis (25/8).

Menurut dia, dinas sudah menyiapkan surat keputusan (SK) mengenai penetapan 20 desa sebagai pelaksana Program Desa Cerdas serta sumber daya manusia (SDM) pendukungnya.

"SK dan SDM sudah siap," katanya.

Ia mengatakan bahwa desa yang ditetapkan sebagai pelaksana Program Desa Cerdas antara lain Desa Sintung, Truai, Selong Belanak, dan Lantan.

"Minimal, satu kecamatan satu desa yang ditetapkan menjadi desa cerdas," kata Zaenal.

Ia menjelaskan, Program Desa Cerdas yang dijalankan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mencakup pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung perbaikan ekonomi, peningkatan kesejahteraan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengelolaan lingkungan, tata kelola pemerintahan, dan peningkatan konektivitas.

"Tujuan program ini untuk meningkatkan pelayanan di desa dengan memanfaatkan digitalisasi, sehingga pelayanan itu bisa dilakukan melalui aplikasi atau secara online," katanya.

Kabupaten Lombok Tengah segera melaksanakan Program Desa Cerdas, tinggal tunggu pusat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News