Cuaca Hari Ini: NTB Diguyur Hujan Serta Petir, Tetap Waspada

Kamis, 25 Agustus 2022 – 10:39 WIB
Cuaca Hari Ini: NTB Diguyur Hujan Serta Petir, Tetap Waspada - JPNN.com NTB
Ilustrasi - Seseorang berpayung melintasi jalan yang sedang diguyur hujan. (ANTARA/Shuuterstock/pri)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mengalami hujan sedang hingga lebat dengan potensi petir dan angin kencang.

Potensi serupa juga diperkirakan terjadi di bagian wilayah Provinsi Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan.

Prakiraan BMKG juga menyebutkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sebelumnya menyampaikan perlunya jejaring di antara para pemangku kepentingan dan pakar untuk memperkuat sinergi pendataan guna mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem.

Peningkatan emisi gas rumah kaca telah menimbulkan pemanasan global dan perubahan iklim. 

BMKG mencatat dalam dua hingga tiga tahun terakhir setidaknya ada 70 kali kejadian cuaca ekstrem akibat perubahan iklim

"Oleh karena itu kami harus semakin mempererat, semakin memperkuat jaringan, sistem dan kerja sama dengan berbagai pihak, terutama dengan para pakar, pakar atmosfer, pakar iklim di Indonesia," kata Dwikorita.

Kolaborasi dan sinergi pihak-pihak terkait juga dibutuhkan untuk merancang dan menjalankan langkah-langkah mitigasi guna menekan dampak perubahan iklim. (antara/ket/jpnn)

Prakiraan cuaca untuk hari ini: NTB diguyur hujan sedang hingga lebat serta potensi petir, tetap waspada

Redaktur & Reporter : Ketut Efrata

Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia