Ribuan UMKM di Mataram Miliki NIB, Target Selanjutnya Lebih Keren

Selasa, 23 Agustus 2022 – 12:23 WIB
Ribuan UMKM di Mataram Miliki NIB, Target Selanjutnya Lebih Keren - JPNN.com NTB
Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Kota Mataram H Lalu Fatwir Uzali, melihat jajanan yang dihidangkan oleh salah satu hotel yang juga bisa diproduksi oleh UMKM lokal, di Mataram, Senin (11/7-2022). (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Ribuan pelaku mikro usaha kecil menengah (UMKM) di Mataram kini telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Demikian disebutkan Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperinkop UKM) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Disperinkop UKM Kota Mataram H Lalu Fatwir Uzali mengatakan, jumlah UMKM di Mataram yang sudah memiliki NIB tercatat sebanyak 2.257 unit.

Pemberian NIB ini, lanjutnya, bisa untuk meningkatkan kredibilitas usaha.

"Yang belum memiliki NIB sebanyak 27.125 UKM, yang tersebar pada enam kecamatan se-Kota Mataram. UMKM yang belum mengurus NIB terus kami dorong agar mendaftarkan diri melalui aplikasi onlineyang disiapkan pemerintah pusat," katanya.

Menurut dia, pelaku usaha yang sudah memiliki NIB akan mendapatkan banyak kemudahan, di antaranya pinjaman modal usaha di perbankan, sarana perlindungan hukum, serta syarat dalam kegiatan yang sifatnya menunjang perkembangan usaha.

Selain itu, NIB juga bermanfaat sebagai sarana pengembangan usaha pada level nasional dan internasional, serta sarana promosi dan meningkatkan kredibilitas usaha pelaku UMKM.

Ia memastikan, setelah peresmian NIB oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, pelaku usaha di Mataram sudah mulai mendaftarkan diri secara pribadi.

Ribuan pelaku UMKM di Kota Mataram telah mengantongi NIB untuk mendapatkan berbagai kemudahan
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia