Alhamdulillah, 46.579 Jemaah Haji Kembali dari Tanah Suci Makkah

Sabtu, 20 Agustus 2022 – 05:48 WIB
Alhamdulillah, 46.579 Jemaah Haji Kembali dari Tanah Suci Makkah - JPNN.com NTB
Suasana kepulangan jamaah haji asal Indonesia yang dilayani oleh bandara kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero). (AP I)

ntb.jpnn.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) telah memulangkan 46.579 jemaah haji dari Tanah Suci Makkah, yang terbagi dalam 121 kelompok terbang (kloter).

Pemulangan ini dilakukan melalui enam bandara yang tersebar di Indonesia.

"Syukur alhamdulillah, seluruh rangkaian proses embarkasi dan debarkasi jemaah haji berlangsung dengan tertib, lancar, aman, dan dapat memberikan rasa nyaman," kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (19/8).

Faik Fahmi menjelaskan, pada musim haji tahun 2022 ini AP I menyiapkan enam bandara yang dikelola sebagai bandara embarkasi dan debarkasi haji, yaitu Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Seluruh proses kepulangan jemaah haji yang berlangsung pada periode 15 Juli hingga 14 Agustus 2022 ini berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

AP I juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan terkait, di antaranya Kementerian Agama melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Kementerian Perhubungan, Kantor Otoritas Bandara, maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines, Imigrasi, Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, serta instansi lainnya yang telah mendukung kesuksesan pelaksanaan Angkutan Haji 2022.

"Setelah dua tahun lamanya kami tidak melayani penerbangan angkutan haji, kami menyambut pelaksanaan angkutan haji di tahun ini dengan antusias. Tentunya hal ini juga merupakan salah satu momentum untuk dapat memulihkan kinerja dari dampak pandemi Covid-19," ujarnya.

Berdasarkan data, Bandara Juanda Surabaya menjadi bandara kelolaan Angkasa Pura I yang melayani kepulangan jemaah haji terbanyak, yaitu mencapai 16.798 orang yang terbagi ke dalam 38 kloter.

Alhamdulillah, 46.579 jemaah haji telah kembali dengan selamat dari Tanah Suci Makkah
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia