Hore! IKM NTB Berhasil Buat Mesin Laser Pemotong

Rabu, 10 Agustus 2022 – 16:18 WIB
Hore! IKM NTB Berhasil Buat Mesin Laser Pemotong - JPNN.com NTB
Kepala Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat, Nuryanti (kanan dua), melihat cara kerja mesin laser pemotong (cutting) yang dibuat pelaku industri kecil menengah di NTB. (ANTARA/Awaludin)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Asosiasi Pengusaha dan Perajin Logam (Aspel) di NTB berhasil membuat mesin laser pemotong (cutting) untuk mengisi kebutuhan pengadaan barang pemerintahan.

Aspel menjadi salah satu kelompok industri kecil menengah (IKM) di Nusa Tenggara Barat yang cukup produktif.

"Alat itu merupakan hasil pembinaan bersama Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmea), Kementerian Perindustrian," kata Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti.

Dengan keberhasilan itu, Nuryanti menekankan kepada Aspel mengajukan semua mesin untuk di test report sekaligus diajukan juga di e-katalog jika mesin tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan atau sudah sesuai dengan standar.

Upaya itu untuk membentuk merek sentra atau penghasil permesinan di NTB.

"Kami terus mendorong perbaikan kualitas permesinan sehingga tepat guna yang dibutuhkan oleh pasar, baik secara penggunaan maupun kualitas sehingga ada timbal balik pada tahap pertama, dengan begitu mudah diajukan di e-katalog," ujarnya.

Selain itu, kata dia, NTB sedang dalam proses asesmen oleh Kementerian Perindustrian, agar Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Standarisasi Jasa Industri hadir di NTB.

Dengan begitu, akan mempermudah industri kecil menengah (IKM) permesinan untuk melakukan test report tanpa menunggu lama.

Hore! Satu kelompok IKM di NTB berhasil membuat mesin laser pemotong

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News