Update PMK: Tim Posyandu Ternak Serbu Berantas Virus

Rabu, 27 Juli 2022 – 14:18 WIB
Update PMK: Tim Posyandu Ternak Serbu Berantas Virus - JPNN.com NTB
Kegiatan Tim Posyandu Ternak mengobati sapi di salah satu kandang ternak di wilayah Lombok Barat, NTB, Selasa (26/7/2022). (ANTARA/HO-Polresta Mataram)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Untuk mempercepat penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK), kepolisian membentuk Tim Posyandu Ternak.

Kepala Polresta Mataram Kombes Pol Mustafa menjelaskan, bahwa pembentukan Tim Posyandu Ternak ini berdasarkan amanah pelaksanaan Operasi Aman Nusa II yang berjalan sejak 4 Juli 2022.

"Dalam implementasi di lapangan, tim posyandu turut menyertakan dokter hewan UPT Puskeswan dan Dinas Pertanian Kota Mataram," kata Mustafa, Selasa (26/7).

Selain mengikutsertakan tim teknis, pihaknya turut menugaskan bhabinkamtibmas dan unsur TNI di tingkat desa dan kelurahan, yakni babinsa.

"Untuk bhabinkamtibmas dan babinsa, kami beri tugas khusus untuk memberi penyuluhan tentang PMK serta mendeteksi ternak yang terjangkit," ujarnya.

Dalam kegiatan pencegahan penularan PMK, khususnya di Kota Mataram, Tim Posyandu Ternak ini melaksanakan tugas di lapangan.

"Artinya, 'door to door', kandang ke kandang. Itu disambangi oleh Tim Posyandu Ternak," ucap dia.

Selain mengecek kesehatan ternak, Tim Posyandu Ternak juga memberikan vaksin PMK khusus kepada ternak yang tidak terjangkit.

Update PMK di Kota Mataram: Tim Posyandu Ternak serbu berantas habis virus
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia