4.227 Ternak PMK di Lombok Tengah Segera Sembuh, 5.000 Dosis Vaksin Menyusul

Senin, 25 Juli 2022 – 20:00 WIB
4.227 Ternak PMK di Lombok Tengah Segera Sembuh, 5.000 Dosis Vaksin Menyusul - JPNN.com NTB
Ilustrasi. Petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah saat melakukan vaksinasi PMK (ANTARA/Istimewa)

ntb.jpnn.com, PRAYA - Pemerintah pusat akan kembali mengirimkan vaksinasi untuk virus penyakit mulut dan kelamin (PMK) ke Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jumlah yang akan diterima mencapai 5.000 dosis.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Rahmadi Irwinsyah menyebutkan, berdasarkan data sementara jumlah kasus PMK di Lombok Tengah secara kumulatif mencapai 26.881 ekor.

Sedangkan ternak yang telah sembuh dari penyakit PMK sebanyak 22.654 ribu dan ternak dipotong bersyarat sebanyak 30 ekor.

"Masih dalam pengobatan 4,227 ekor," katanya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, Tim satgas pusat telah menyiapkan vaksin ternak untuk mencegah wabah penyakit mulut dan kuku di NTB 1,4 juta dosis.

"Total vaksin PMK telah kita didistribusikan ke wilayah NTB itu sekitar 40 ribu dosis yang diberikan secara bertahap," kata Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto usai melihat pelaksanaan vaksinasi ternak di Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah.

Ia mengatakan, untuk vaksin PMK saat ini masih dilakukan impor hingga dua bulan, sambil menunggu vaksin ternak dalam negeri kerjasama dengan BUMN bisa segera di produksi.

Sebanyak 4.227 ternak yang terjangkit PMK di Lombok Tengah masih dalam pengobatan, 5.000 dosis vaksin segera menyusul
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia