Waspada Gelombang Tinggi di Perairan NTB, Ancamannya tak Main-main

Senin, 25 Juli 2022 – 10:49 WIB
Waspada Gelombang Tinggi di Perairan NTB, Ancamannya tak Main-main - JPNN.com NTB
BMKG memperingatkan masyarakat untuk wasapa soal potensi gelombang tinggi di perairan NTB. Ilustrasi - Gelombang tsunami: Sultan Amanda/JPNN.com

ntb.jpnn.com, PRAYA - Warga diminta untuk waspada terhadap gelombang tinggi.

Gelombang ini berpotensi mencapai dua meter di wilayah Selat Lombok bagian utara dan selatan, Selat Sape hingga Samudra Hindia di Nusa Tenggara Barat.

Demikian disebutkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Warga harus mewaspadai gelombang tinggi yang bisa mencapai 2 meter atau lebih di perairan NTB," kata prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Bandara Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Aprilia Mustika Dewi, Minggu (24/7).

BMKG juga menyatakan ada risiko terhadap pelayaran dampak dari gelombang tinggi, sehingga para nelayan diharapkan tidak pergi melaut untuk mencegah kecelakaan akibat cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi dalam pekan ini.

Warga pengguna jasa angkutan dan penyeberangan laut atau yang berencana beraktivitas di pesisir maupun di wilayah perairan sekitar NTB diminta tetap waspada terhadap dampak gelombang tinggi yang terjadi.

Terpisah, Rajak salah satu nelayan di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah mengatakan angin dan gelombang tinggi saat ini masih terjadi di wilayah perairan NTB, sehingga hasil tangkapan para nelayan mulai berkurang.

Meskipun terjadi gelombang dan angin kencang, sebagian para nelayan tetap pergi melaut untuk mencari ikan.

Masyarakat diharapkan waspada akan adanya gelombang tinggi di perairan NTB, ancamannya luar biasa
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia