Waduh, 236 WNI Dideportasi dari Sabah, Malaysia dengan Alasan Ini

Jumat, 01 April 2022 – 11:44 WIB
Waduh, 236 WNI Dideportasi dari Sabah, Malaysia dengan Alasan Ini - JPNN.com NTB
Ilustrasi pekerja Ilegal. Foto Ilustrasi dok.JPNN

ntb.jpnn.com, KUALA LUMPUR - Sebanyak 236 tenaga kerja Indonesia (TKI) Ilegal telah selesai menjalani proses hukum dan telah dipulangkan dari Malaysia.

Pemulangan tersebut difasilitasi oleh Konsulat RI Tawau di Malaysia, pada Kamis (31/3).

Mereka yang dipulangkan terdiri dari 180 orang pria dewasa, 40 orang wanita dewasa, dan 16 anak-anak.

Seluruh pekerja berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT),  Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Pemberangkatan dilakukan melalui jalur laut dari Pelabuhan Tawau ke Pelabuhan Tunontaka di Nunukan, Kalimantan Utara, dengan dua kapal feri: KM Mideast Express dan Nunukan Express.

Setibanya di Nunukan, para WNI tersebut akan ditangani lebih lanjut oleh berbagai instansi terkait di Indonesia sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

Berdasarkan informasi dari pihak berwenang Malaysia dan wawancara langsung dengan sejumlah WNI yang dideportasi, mereka sebelumnya tersangkut berbagai kasus di wilayah Sabah, seperti pelanggaran keimigrasian, narkoba, dan kasus kriminal lainnya.

Saat berada di Depot Imigresen Tawau (DIT), mereka terlebih dahulu diverifikasi oleh Tim Satgas Perlindungan KRI Tawau guna memastikan kewarganegaraan yang bersangkutan.

Waduh, sebanyak 236 WNI dipulangkan oleh Konsulat RI Tawau dari Sabah, Malaysia dengan alasan ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News