Malaysia Paling Dituju Calon TKI asal Lombok Tengah

Jumat, 15 Juli 2022 – 13:59 WIB
Malaysia Paling Dituju Calon TKI asal Lombok Tengah - JPNN.com NTB
Para calon PMI (atau TKI) saat mengikuti pembekalan di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Malaysia kini menjadi tujuan favorit untuk mengadu nasib bagi para TKI asal NTB.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan, tidak sedikit warga Lombok yang tertarik untuk bekerja ke Negeri Jiran tersebut.

"Pendaftaran CPMI (calon TKI) di Lombok Tengah saat ini mencapai 200 orang per hari," kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Tengah Syamsul Rijal, Jumat (15/7).

Setelah dibukanya keran pengiriman TKI ke Malaysia, animo warga untuk bekerja ke luar negeri kian dominan, dimana pada Juni sekitar 50 orang per hari yang mendaftar dan saat ini bisa mencapai ratusan orang setiap harinya.

"Negara Malaysia masih dominan, bila dibandingkan dengan negara Hong Kong, Taiwan, Singapura dan Arab Saudi," katanya.

Ia mengatakan, jumlah warga Lombok Tengah yang telah bekerja ke luar negeri setelah dibuka kembali pengiriman PMI belum bisa disampaikan, karena pihaknya masih mendata serta masih menunggu laporan dari masing-masing perusahaan pengiriman TKI.

"Data total warga yang telah berangkat itu masih menunggu laporan," katanya.

Untuk mencegah adanya TKI ilegal, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada para warga yang akan bekerja ke luar negeri.

Negara Malaysia menjadi tjuan favorit bagi calon TKI asal Lombok Tengah
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia