Kemenperin Punya Program P3DN, Banyak Manfaatnya

Kamis, 14 Juli 2022 – 13:57 WIB
Kemenperin Punya Program P3DN, Banyak Manfaatnya - JPNN.com NTB
Para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) mengikuti pendampingan pembuatan mesin laser cutting bagi IKM logam, yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (13/7/2022). ANTARA/Awaludin

ntb.jpnn.com, LOMBOK BARAT - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) melalui metode e-purchasing.

Penggunaan ini bisa dilakukan dalam kegiatan fasilitasi mesin untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) logam di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Saat ini pemerintah, BUMN dan BUMD, badan usaha atau pemangku kepentingan lainnya wajib menggunakan produk dalam negeri dan mendukung Program P3DN melalui alokasi belanja 40 persen anggaran untuk produk dalam negeri," kata Direktur IKM LMEA Kemenperin Dini Hanggandari.

Ia mengatakan, bantuan peralatan hasil pembelian melalui sistem katalog elektronik tersebut berupa mesin CNC milling yang kemudian diserahkan kepada KUB Asppel Lombok Barat.

Mesin tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing IKM logam di Kabupaten Lombok Barat  dan terus menghasilkan produk atau komponen logam yang presisi serta mampu memenuhi standar yang dipersyaratkan oleh pembeli.

Pihaknya telah melakukan serah terima kegiatan fasilitasi mesin bagi IKM logam di Kabupaten Lombok Barat yaitu mesin CNC milling tiga axis merek Supermill tipe ES200S.

"Mesin tersebut merupakan produksi salah satu IKM permesinan binaan Kemenperin yaitu DTech Engineering dengan nilai TKDN sebesar 43,11 persen," ucapnya.

Kegiatan pendampingan pembuatan mesin laser cutting bagi IKM logam di Kabupaten Lombok Barat, berlangsung pada 13-28 Juli 2022.

Kemenperin mendukung penggunaan program P3DN, katanya banyak selangit
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia