Suhu Dingin Landa NTB Hingga Agustus, Siap-siap Menggigil

Sabtu, 09 Juli 2022 – 18:46 WIB
Suhu Dingin Landa NTB Hingga Agustus, Siap-siap Menggigil - JPNN.com NTB
Arsip Foto. Seorang laki-laki melihat Gunung Barujari dari Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Selong, Lombok Timur, NTB. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

ntb.jpnn.com, PRAYA - BMKG Stasiun Klimatologi Zaenudin Abdul Majid Lombok menyebutkan suhu udara di wilayah Nusa Tenggara Barat akan menurun selama bebera minggu ke depan.

BMKG memprakirakan suhu dingin akan meliputi NTB hingga Agustus 2022.

Suhu udara yang dingin akan cukup terasa pada malam hari sampai menjelang pagi.

Dalam keterangan tertulis stasiun klimatologi yang diterima di Praya, Lombok Tengah, Jumat, Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Zaenudin Abdul Majid Lombok Aprilia Mustika Dewi mengatakan, bahwa suhu udara pada malam hari lebih dingin pada puncak musim kemarau, dari Juni sampai Agustus.

"Ketika musim kemarau telah tiba, suhu udara akan lebih terasa dingin hingga 21 derajat," katanya.

Pada musim kemarau, kelembaban udara yang relatif rendah dan tutupan awan yang sedikit membuat suhu udara lebih dingin pada malam hingga menjelang pagi.

Sedikitnya tutupan awan, ia menjelaskan, membuat gelombang pendek yang terpancar dari matahari terserap sempurna oleh permukaan bumi sehingga ketika pada malam hari cuaca cerah dan tidak ada tutupan awan gelombang panjang akan terpancar seluruhnya ke angkasa.

"Sehingga suhu akan terasa dingin dari biasanya," kata dia.

Suhu udara yang dingin akan melanda wilayah NTB hingga Agustus mendatang, siap-siap menggigil
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia