Sime Darby Plantation Malaysia Incar TKI Asal NTB, Nol Biaya

Jumat, 24 Juni 2022 – 13:08 WIB
Sime Darby Plantation Malaysia Incar TKI Asal NTB, Nol Biaya - JPNN.com NTB
Ilustrasi. Gaji bekerja di Sime Draby Plantation mencapai Rp 26 juta per bulan. Foto: dok.JPNN.com

ntb.jpnn.com, MATARAM - Perusahaan BUMN Malaysia membuka lowongan pekerjaan bagi TKI, terutama warga NTB.

Perusahaan tersebut, yakni Sime Darby Plantation, membutuhkan 6.000 pekerja untuk memanen buah kelapa sawit hingga akhir 2022.

Hubungan Masyarakat Sime Darby Plantation, Mohd Azan Bin Yaacob, mengatakan bahwa etika menjadi prioritas utama dalam perekrutan calon TKI.

Selain iu, pihaknya tidak akan membebani calon pekerja dari sisi biaya apapun, baik pengurusan dokumen, pemeriksaan kesehatan, hingga biaya pemberangkatan dari daerah asal sampai di Malaysia.

"Nol biaya, ditanggung sepenuhnya oleh Sime Darby, tidak ada potongan langsung. Dan tidak ada pungutan oleh tekong karena Sime Darby mengawasi langsung. Ini berlaku mulai pemberangkatan saat ini," kata Mohd Azan Bin Yaacob.

Dalam merekrut calon pekerja migran Indonesia di NTB, Sime Darby Plantation bekerja sama dengan empat Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI), yakni PT Cipta Rezeki Utama, PT Cahaya Lombok, PT Primadaya Pratama Pandu Karya, dan PT Wira Karitas.

"Sampai akhir tahun, kebutuhan kami kurang lebih sebanyak 6.000 orang, dan diutamakan tenaga kerja Indonesia, khususnya NTB," lanjutnya.

Dari 6.000 TKI tersebut, diharapkan 65 persennya diisi oleh warga NTB.

Sime Darby Plantation Malaysia memuka lowongan pekerjaan bagi TKI terutama dari NTB, dijamin legal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News