Bank Indonesia Genjot Penggunaan QRIS, Targetnya Fantastis

Selasa, 21 Juni 2022 – 16:29 WIB
Bank Indonesia Genjot Penggunaan QRIS, Targetnya Fantastis - JPNN.com NTB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Heru Saptaji (kiri), menyerahkan cenderamata kepada Kepala Biro ANTARA NTB Riza Fahriza, di Mataram, Senin (20/6/2022). ANTARA/Awaludin

ntb.jpnn.com, MATARAM - Bank Indonesia (BI) terus menyebarluaskan digitalisasi pembayaran secara nontunai melalui Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Bank Indonesia kali ini bekerja sama dengan LKBN ANTARA Biro Nusa Tenggara Barat.

Komitmen tersebut diungkapkan dalam pertemuan antara Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB Heru Saptaji dengan Kepala Biro ANTARA NTB Riza Fahriza di Mataram.

"Yang menjadi fokus kami sekarang ini adalah bagaimana memperluas jumlah pengguna (user) QRIS," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Heru Saptaji.

QRIS adalah standar kode QR yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia yang bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai di Indonesia.

Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB menargetkan sebanyak 300.000 pengguna QRIS pada 2022.

Jumlah tersebut meningkat signifikan, dibandingkan realisasi pengguna QRIS di NTB, pada 2021 yang melampaui target dengan jumlah sebanyak 129.000 pelaku usaha.

Menurut Heru, pengguna QRIS di NTB akan terus berkembang dan diharapkan bisa menyamai daerah lainnya di Indonesia, yang sudah banyak memanfaatkan QRIS untuk bertransaksi secara nontunai.

Bank Indonesia terus mengupayakan penggunaan QRIS di masyarakat, targetnya fantastis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News