Penting Bagi Calon Jemaah Haji, Status Pandemi Covid-19 Belum Dicabut

Senin, 13 Juni 2022 – 20:18 WIB
Penting Bagi Calon Jemaah Haji, Status Pandemi Covid-19 Belum Dicabut - JPNN.com NTB
Ilustrasi. Calon jemaah haji Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, saat mengikuti manasik haji. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Menjelang keberangkatan calon jemaah haji ke Tanah Suci Makkah, Dinas Kesehatan Kota Mataram terus memberi himbuan.

Calon jemaah diharapkan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 untuk mengantisipasi potensi penularan serta penyakit-penyakit lain.

"Status pandemi Covid-19 belum dicabut, karena itu jemaah harus tetap disiplin menerapkan prokes terutama menggunakan masker dan rajin cuci tangan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram dr H Usman Hadi di Mataram, Senin (13/6).

Pernyataan itu disampaikan menyikapi adanya aturan jamaah calon haji harus memiliki hasil tes usap PCR Covid-19 negatif tiga hari sebelum pemberangkatan.

Apabila ada calon haji dinyatakan positif Covid-19, maka akan berpotensi pada penundaan keberangkatan.

Terkait dengan itu, Usman berharap agar para calon haji dapat menjaga kesehatan secara maksimal.

Dalam hal ini, Usman tidak ingin menyalahkan tradisi menerima tamu-tamu yang datang ziarah ke rumah jemaah sebelum berangkat.

"Yang penting calon haji setidaknya menggunakan masker dan cuci tangan, atau menggunakan alat pembersih tangan," katanya.

Penting untuk disimak bagi seluruh calon hemaah haji yang hendak terbang ke Makkah, status pandemi Covid-19 belum dicabut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News