Sandiaga Uno: Lombok Jadi Unggulan Pariwisata Halal Indonesia

Jumat, 03 Juni 2022 – 13:53 WIB
Sandiaga Uno: Lombok Jadi Unggulan Pariwisata Halal Indonesia  - JPNN.com NTB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat memberikan sambutan dalam "Halal in Travel Global Summit 2022”, Singapura, Rabu (1/6/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf

ntb.jpnn.com, SINGAPURA - Indonesia berpotensi besar untuk menangkap peluang bisnis dari pariwisata halal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, beberapa wilayah di Indonesia bisa diunggulkan, salah satunya adalah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Menurut saya, kita harus menciptakan peluang-peluang usaha berbasis halal tourism. Ada beberapa destinasi (wisata) yang kita unggulkan seperti Aceh, Sumatra Barat, Jawa Barat, Lombok, dan Kalimantan Selatan sebagai destinasi unggulan," ungkapnya.

Kini, pihaknya telah menyusun kebijakan mengenai pariwisata halal yang fokus memberikan layanan tambahan terkait fasilitas, turis, atraksi, dan aksesibilitas untuk memenuhi pengalaman dan kebutuhan para wisatawan muslim.

Layanan tambahan yang disediakan antara lain jasa akomodasi dan transportasi, penyediaan makanan halal, wisata halal paket, serta keuangan halal.

“Wisata halal bukan berarti islamisasi wisata atraksi,” ujar Menteri Sandiaga.

Pariwisata Indonesia berada di peringkat dua dari peringkat ke-4 dalam The Global Travel Muslim Index (GMTI) 2022.

Capaian tersebut disampaikan Founder & CEO Crescentrating & Halaltrip Fazal Bahardeen dalam acara "Halal in Travel Global Summit 2022” di Singapura, Rabu (1/6).

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Lombok menjadi salah satu wilayah yang diunggulkan dalam pariwisata halal Indonesia
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia