KTT Y20 2022 Momen Pemuda Satukan Dunia, Simak Langkah Riilnya

Selasa, 19 Juli 2022 – 11:45 WIB
KTT Y20 2022 Momen Pemuda Satukan Dunia, Simak Langkah Riilnya - JPNN.com NTB
Hasil tangkap layar Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Asrorun Ni’am Sholeh memberikan sambutan dalam acara KTT Y20 Indonesia 2022, yang digelar secara hibrida di Jakarta, Selasa (18/7/2022). (ANTARA/youtube.com/Indonesian Youth Diplomacy)

ntb.jpnn.com, JAKARTA - KTT Youth 20 (Y20) diharapkan bisa menjadi wadah konsultasi resmi perwakilan pemuda negara-negara anggota G20.

Hal ini, sekaligus menjadi momen bagi pemuda untuk bersatu berkontribusi terhadap peradaban dunia.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Asrorun Ni’am Sholeh dalam acara KTT Y20 Indonesia 2022, Senin (18/7).

Asrorun Ni'am mengatakan, Y20 Indonesia 2022 memiliki peran yang relevan untuk berkontribusi dengan menyampaikan solusi-solusi yang kreatif dan inovatif terhadap permasalahan yang dihadapi dunia saat ini, sesuai dengan tema besar yang diangkat kali ini "dari pemulihan ke resiliensi Covid-19"

"Y20 harus menjadi salah satu kontribusi utama pemuda untuk peradaban dunia yang lebih baik dari pemulihan menuju ketangguhan, dari Indonesia untuk dunia yang lebih baik," ujar Asrorun Ni'am.

Dalam menyelesaikan masalah, menurut Asrorun Ni'am perlu adanya prioritas, seperti halnya pada Y20 Indonesia 2022 yang membahas empat isu prioritas untuk didiskusikan dan solusinya diformulasikan bersama.

Empat isu prioritas tersebut antara lain lapangan kerja bagi kaum muda, transformasi digital, bumi yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman inklusi.

Sebelum acara puncak yang berlangsung 17-24 Juli di Jakarta dan Bandung, terdapat empat acara pra-puncak yang digelar bergulir di sejumlah kota di Indonesia, yakni Palembang, Balikpapan, Lombok dan Manokwari, di mana para delegasi sudah mendisuksikan dan bertukar pendapat dengan para ahli untuk keempat isu utama tersebut.

Pertemuan KTT Y20 2022 diharapkan bisa menjadi momen pemuda untuk menyatukan dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News