Siap-siap, Biogas Mikroalga Segera Hadir di Lombok Timur

Senin, 12 Desember 2022 – 09:58 WIB
Siap-siap, Biogas Mikroalga Segera Hadir di Lombok Timur - JPNN.com NTB
Seorang warga Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, menunjukkan jenis rumput laut (mikroalga) yang menjadi bahan baku biogas. (ANTARA/Awaludin)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TIMUR - PT Pertamina (Persero) bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) bersinergi mengembangkan biogas mikroalga di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat sebagai upaya percepatan peningkatan kontribusi energi baru dan terbarukan dalam bauran energi nasional.

"Peluncuran program biogas dengan mikroalga sudah dilakukan di Desa Bagek Payung, Kecamatan Suralaga, Lombok Timur," kata PJS Vice President Downstream Research Technology and Innovation PT Pertamina Persero Ismal Gamar, di Kabupaten Lombok Timur, Minggu (11/12).

Ia mengatakan, program tersebut juga melibatkan Surfactant and Bioenergy Research Center (SBRC), Pemprov NTB, dan Pemkab Lombok Timur.

Ismal menjelaskan, biogas makroalga merupakan hasil riset bersama antara Pertamina bersama IPB dan pemerintah daerah di NTB, untuk mengoptimalkan limbah-limbah nabati menjadi bahan bakar energi terbarukan.

"Dengan program biogas ini bisa bermanfaat bagi warga masyarakat, dan mudah-mudahan bisa menggugah warga masyarakat di sini, untuk lebih mengoptimalkan sumber daya alam yang mereka miliki," katanya.

Pertamina, kata dia, memiliki delapan inisiatif untuk mendorong transisi energi bersih dan ramah lingkungan.

Delapan inisiatif tersebut dilakukan seiring dengan semakin besarnya tuntutan pemakaian energi rendah karbon di dunia.

Salah satu di antaranya, yaitu mengembangkan proyek biomass menjadi biogas dan bioethanol di Sei Mangkei.

Pertamina bersinergi dengan IPB untuk mengembangkan biogas mikroalga di NTB
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia