Runway Bandara Rampung, Lombok Siap Dukung KTT G20

Sabtu, 05 November 2022 – 08:29 WIB
Runway Bandara Rampung, Lombok Siap Dukung KTT G20 - JPNN.com NTB
Hutama Karya selesaikan pembangunan revitalisasi landasan pacu atau runway dan sarana penunjang pada Bandara Internasional Lombok, Praya milik PT Angkasa Pura I untuk mendukung perhelatan KTT G20. ANTARA/HO-Hutama Karya

ntb.jpnn.com, LOMBOK - Pembangunan revitalisasi landasan pacu atau runway dan sarana penunjang pada Bandara Internasional Lombok, Praya milik PT Angkasa Pura I telah selesai dikerjakan.

Pembangunan ini dilakukan dalam rangka mendukung perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, dan dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero).

"Proyek perpanjangan Bandara Internasional Lombok (BIL) merupakan proyek regular atau non-joint operation yang digarap oleh Hutama Karya sejak November tahun 2020 dan rampung di Juli 2022 lalu," ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, Jumat (4/11).

Tjahjo menambahkan, adapun proyek ini merupakan bagian dari infrastruktur regional pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan menjadi bandara penunjang kegiatan G20 di Bali.

Revitalisasi tersebut dapat meningkatkan kapasitas operasional bandara serta kapasitas runway maksimum yang semula untuk pesawat Boeing 737 menjadi pesawat Boeing 777.

Dalam pembangunannya, Hutama Karya juga menggunakan aspal pengikat berkualitas tinggi dengan sistem PG (Performance Grading) yang memiliki spesifikasi pengolahan pada suhu tinggi dan penurunan suhu yang cepat dan bisa langsung difungsikan setelah beberapa jam.

Adapun keunggulan dari aspal PG ini lebih kuat dan tahan akan keretakan atau kerusakan lainnya sehingga banyak digunakan pada pekerjaan jalan atau runway bandara di dunia.

“Beberapa aspek yang amenunjang kelancaran dalam pelaksanaan proyek ini yaitu pengendalian terhadap cuaca, pembuatan sodetan irigasi untuk aliran air serta pemberitahuan pengamanan terhadap perubahan runway yang dioperasikan,” kata Tjahjo.

Hutama Karya berhasil menuntaskan "runway" Bandara Lombok untuk mendukung KTT G20
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia