Viral Keluhan Penyeberangan ke Gili Trawangan, Kemenhub Bersikap

Kamis, 03 November 2022 – 08:51 WIB
Viral Keluhan Penyeberangan ke Gili Trawangan, Kemenhub Bersikap - JPNN.com NTB
Para wisatawan mancanegara turun dari kapal cepat di dermaga Pelabuhan Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Awaludin)

ntb.jpnn.com, GILI TRAWANGAN - Kebijakan masuk melalui satu pintu (one gate system) menuju destinasi Gili Trawangan yang diterapkan Pemkab Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat dikeluhkan wisatawan dan viral di media sosial.

Terkait dengan hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut memberikan perhatian.

"Ya benar, kami sudah menerima surat perihal pengawasan kapal pariwisata di Pelabuhan Pemenang, sebagai tindak lanjut dari surat pemberitahuan tentang penerapan one gate system dan adanya berita viral di media sosial terkait penumpang mengeluh," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Pemenang, Muhammad Mustajib, Rabu (2/11).

Ia mengatakan, surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub, Dr Capt Mugen Suprihatin Sartoto, pada 1 November 2022.

Di dalam surat tersebut, kata dia, dijelaskan bahwa angkutan ke lokasi wisata tiga Gili (Gili Trawangan, Meno, dan Air), agar tetap dilaksanakan dengan kapal yang sudah memenuhi persyaratan kelayakan dibuktikan dengan sertifikat terkait.

"Hal itu harus dilakukan sampai dengan Koperasi Karya Bahari mampu menyiapkan kapal-kapal yang memenuhi kelaiklautan," ujar Mustajib mengutip isi surat.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Dr Capt Mugen Suprihatin Sartoto, dalam suratnya juga meminta agar Penyelenggara Pelabuhan Pemenang senantiasa berpedoman pada peraturan ketentuan yang berlaku dalam memberikan Surat Persetujuan Berlayar dan pengawasan ketertiban, keselamatan dan keamanan pelayaran yang berlaku.

Berkaitan dengan hal itu, kata Mustajib, pihaknya diharapkan untuk melaksanakan semua ketentuan yang berlaku terkait keselamatan, keamanan, dan perlindungan lingkungan sekaligus menjaga suasana kondusif di pelabuhan terutama untuk mendukung pariwisata di daerah.

Kemenhub mengeluarkan respon terhadap keluhan penyeberangan ke Gili Trawangan Lombok
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia