Hujan Lebat Hantui Indonesia, Nasib NTB?

Senin, 24 Oktober 2022 – 09:40 WIB
Hujan Lebat Hantui Indonesia, Nasib NTB? - JPNN.com NTB
Ilustrasi. Mendung menyelimuti langit. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa. ( (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

ntb.jpnn.com, JAKARTA - Potensi akan adanya hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Indonesia masih menghantui.

Demikian diungkapkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang seperti di Nusa Tenggara Barat (NTB), Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Kemudian, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, dan Maluku Utara.

Lalu, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan awal musim penghujan sudah dimulai sejak September 2022, sedangkan puncak musim penghujan diprediksi terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Ia mengingatkan masyarakat yang tinggal di bantaran atau lembah sungai harus betul-betul waspada terjadinya banjir maupun banjir bandang.

Demikian juga dengan masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan yang berpotensi terjadi tanah longsor.

BMKG mengeluarkan peringatan akan potensi hujan lebat di sebagian besar wilayah Indonesia
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia