Bupati Lombok Tengah Tekankan Peran Penyuluh dalam Produksi Pertanian

Rabu, 28 September 2022 – 13:32 WIB
Bupati Lombok Tengah Tekankan Peran Penyuluh dalam Produksi Pertanian - JPNN.com NTB
Petani saat menjemur hasil panen padi pada musim tanam awal 2022 di wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Pemerintah berharap peran penyuluh pertanian bisa ditingkatkan dalam menjaga stabilitas nasional dengan pemenuhan kebutuhan pangan pokok dan strategis nasional.

"Penyuluh memiliki peran penting dalam meningkatkan produksi pertanian di Lombok Tengah," kata Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri saat acara Pembukaan Hari Bakti Penyuluh Pertanian yang digelar Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Lombok Tengah di Praya, Rabu (28/9).

Ia mengatakan, peran strategis para penyuluh pertanian dapat dilakukan dengan melakukan pendampingan pada aspek budidaya, pasca panen dan pemasaran.

Selain itu, melakukan sinergi dengan semua stakeholder yang ada, termasuk pemerintah desa di mana desa menjadi basis kegiatan penyuluhan.

Bupati juga menggambarkan prospek pertanian di masa yang akan datang terkait dengan berbagai banyaknya kegiatan dunia yang diselenggarakan di Kabupaten Lombok Tengah seperti WSBK, MotoGP dan Motor Cross.

"Kegiatan itu akan menyedot kunjungan wisatawan baik lokal maupun manca negara. Mereka membutuhkan konsumsi dengan berbagai produk pangan, hortikultura dan peternakan," katanya.

Selain itu, Bupati juga menjamin keberpihakan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah kepada para petani melalui kegiatan berbasis perlindungan kegiatan usaha tani dengan Asuransi Usaha Tani Maiq Meres.

"Itu salah satu upaya bentuk dukungan pemerintah daerah dalam meningkatkan produksi pertanian di Lombok Tengah," katanya.

Bupati mendorong peran penyuluh agar terus ditingkatkan dalam menjaga stabilitas nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News