Jadi Destinasi Pariwisata Prioritas, Daya Saing Masyarakat Mandalika Daya Masih Lemah

Selasa, 20 September 2022 – 20:00 WIB
Jadi Destinasi Pariwisata Prioritas, Daya Saing Masyarakat Mandalika Daya Masih Lemah - JPNN.com NTB
Sandiaga Uno. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

ntb.jpnn.com, JAKARTA - Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan daya saing masyarakat di enam destinasi pariwisata di Indonesia masih lemah.

Untuk itu, pihaknya mendorong agar daya saing masyarakat diperkuat.

Enam destinasi pariwisata prioritas yaitu Mandalika, Danau Toba, Borobudur-Yogyakarta-Prambanan, Labuan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru dan Wakatobi.

“Masing-masing destinasi pariwisata prioritas memiliki daya tariknya masing-masing, sehingga daya saing masyarakat harus terus diperkuat agar terjadi peningkatan kunjungan wisatawan,” ujar Sandiaga.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan peningkatan kapasitas dan kualitas SDM melalui program pembangunan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan, di antaranya dengan pelatihan pengembangan inovasi produk wisata dan kapasitas bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pelaksana tugas Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Frans Teguh, mengajak masyarakat di desa wisata untuk menjadi pelaku pariwisata dengan melakukan langkah adaptif agar relevan dengan perkembangan zaman.

“Para pelaku harus menyesuaikan diri dan menjawab keinginan dan kebutuhan spesifik dari para wisatawan saat ini,” kata Frans.

Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf Florida Pardosi mengatakan, terdapat tiga paket pembelajaran, yakni A dan B pada gelombang pertama, dan paket C pada gelombang berikutnya.

Daya saing masyarakat di desa wisata perlu diperkuat, termasuk di Mandalika yang masuk ke dalam 6 destinasi pariwisata prioritas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News