Kadis Pariwisata Tindak Tegas Pelaku Catcalling

Sabtu, 17 September 2022 – 13:00 WIB
Kadis Pariwisata Tindak Tegas Pelaku Catcalling - JPNN.com NTB
Catcalling yang dialami seorang wisatawan di Gili Trawangan viral di TikTok. Foto: TikTok/@miaerliana

ntb.jpnn.com, MATARAM - Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat sangat menyayangkan aksi catcalling yang terjadi di Gili Trawangan, NTB.

Catcalling adalah pelecehan di jalan atau pelecehan di ruang publik berupa pelecehan yang seksual, berbasis gender.

Aksi catcalling tersebut dialami oleh seorang wisatawan saat mengunjungi destinasi wisata Gili Trawangan, dan menjadi viral di flatform media sosial TikTok.

Dalam video yang diunggah oleh @miaerliana, sang pemilik akun mengugkapkan kekesalannya terhadap warga yang melakukan catcalling kepadanya saat dia berwisata di destinasi wisata andalan di NTB tersebut.

Terkait dengan kejadian tersebut, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi akan melakukan pendalaman.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara melalui Dinas Pariwisata untuk memastikan kebenaran informasi, berikut kronologis kejadian terhadap apa yang diunggah melalui video," kata  melalui telepon, Jumat (16/9).

Ia mengatakan, pihaknya bersama Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Utara (KLU) akan menelusuri kebenaran peristiwa tersebut karena dalam unggahannya tidak jelas lokus kejadiannya, kemudian dengan siapa wisatawan tersebut mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan tersebut.

"Ini kan perlu kami dalami, kronologisnya, bagaimana dan sebagainya. Bila betul kejadiannya jelas di mana lokus dan pelakunya, ya tentu kita merasa prihatin dan harus mendorong diambil tindakan tegas sesuai ketentuan oleh pihak yang memiliki kewenangan," katanya.

Terkait dengan perlakukan catcalling yang diterima seorang wisatawan di Gili Trawangan, Kadis Pariwisata NTB Yusron Hadi akan mengambil tindakan tegas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News