Ruang Terbuka Hijau di Mataram Didata, Sudah Capai Target?

Rabu, 31 Agustus 2022 – 13:24 WIB
Ruang Terbuka Hijau di Mataram Didata, Sudah Capai Target? - JPNN.com NTB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram HM Kemal Islam. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, melakukan pendataan terhadap cakupan ruang terbuka hijau (RTH).

Hal ini dilakukan sebagai salah satu implementasi ketersediaan RTH di daerah sebesar 30 persen sesuai target nasional.

"Pendataan RTH kita lakukan untuk mengetahui cakupan ketersediaan RTH di Kota Mataram sampai saat ini. Apakah sudah sesuai dengan target nasional atau belum," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram HM Kemal Islam, Selasa (30/8).

Menurutnya, data terakhir ketersediaan RTH di Kota Mataram mencapai sekitar 21 persen. Terdiri atas RTH pribadi mencapai 14 persen dan RTH publik baru 7 persen.

Jika melihat realisasi RTH pribadi ini, lanjutnya, jumlah itu sudah melampaui target yang ditetapkan pemerintah sebesar 10 persen. Sebaliknya RTH publik masih jauh dari target yang ditetapkan.

"Dengan pertumbuhan kota yang sangat dinamis, kita pesimis target 20 persen bisa tercapai sebab lahan hijau kita setiap tahun terus berkurang akibat alih fungsi lahan," katanya.

Kendati demikian, lanjutnya, pihaknya akan terus mengoptimalkan ruang-ruang publik yang dinilai kurang produktif menjadi RTH publik. Salah satunya, pemanfaatan sisa pembangunan jalan.

Misalnya, di Jalan Pendidikan setelah dilakukan pelebaran jalan, pembuatan drainase, dan trotoar, tersisa lahan dengan lebar satu meter dan panjang 1.800 meter.

Dinas Lingkungan Hidup Mataram menata ruang terbuka hijau, sudah mencapai target?
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia