Info Penting untuk Warga NTB: Harap Waspadai Kekeringan Meteorologi Meski Ada Hujan

Senin, 22 Agustus 2022 – 14:06 WIB
Info Penting untuk Warga NTB: Harap Waspadai Kekeringan Meteorologi Meski Ada Hujan  - JPNN.com NTB
Peta prakiraan potensi hujan di wilayah NTB (ANTARA/Istimewa)

ntb.jpnn.com - Memasuki periode puncak musim kemarau 2022, masyarakat perlu mewaspadai akan terjadinya bencana kekeringan, kebakaran hutan, dan lahan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga mengimbau agar masyarakat waspada akan suhu dingin yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

"Masyarakat juga tetap perlu mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem bersifat lokal seperti terjadinya angin kencang dan hujan yang terjadi secara tiba-tiba,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat, Suci Agustisarini, Senin (22/8).

Curah hujan di wilayah NTB pada dasarian II Agustus 2022 didominasi kategori rendah (<50 mm/das), namun di sebagian wilayah Lombok Barat bagian Timur, sebagian Lombok Utara, Lombok Timur, dan Lombok Tengah terjadi hujan dengan intensitas >50 mm/dasarian atau berada pada kategori menengah.

"Curah hujan tertinggi tercatat terjadi di Pos Hujan Labuhan Pandan, Kabupaten Lombok tengah sebesar 130 mm/dasarian. Sifat hujan pada dasarian II Agustus 2022 di wilayah NTB hampir seluruhnya Atas Normal (AN), hanya di sebagian kecil Sumbawa, Bima, Dompu, dan Kota Bima sifat hujan berada pada kategori bawah normal (BN)," katanya.

Ia mengatakan, update kondisi dinamika atmosfer terakhir menunjukkan Indeks ENSO berada pada kondisi La Nina Lemah (indeks ENSO : -0.91).

BMKG memprakirakan kondisi La Nina Lemah berpotensi terus berlangsung hingga akhir tahun 2022.

Indeks IOD pada dasarian terakhir menunjukkan kondisi IOD Negatif (-0.80), diperkirakan kondisi IOD Negatif berpotensi terus terjadi hingga akhir tahun 2022.

Sangat penting untuk disimak oleh warga NTB: Harap selalu waspada terhadap potensi kekeringan meteorologi, meski ada hujan
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia