Kemenaker Sasar TKI Lombok Tengah, Tujuannya Mulia

Jumat, 19 Agustus 2022 – 11:14 WIB
 Kemenaker Sasar TKI Lombok Tengah, Tujuannya Mulia - JPNN.com NTB
Para CPMI saat mengikuti pembekalan di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang diluncurkan Pemerintah Pusat menyasar para pekerja migran Indonesia (PMI) atau purna PMI di Desa Lantan, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Demikian diungkapkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Tengah.

"Program dari Kementerian Ketenagakerjaan yang dilaksanakan di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara ini masih dalam proses," kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Lombok Tengah Samsul Rijal, Kamis (18/8).

Program ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya pemerintah melindungi dan meningkatkan kesejahteraan PMI yang bekerja di luar negeri dan keluarganya sejak dari kampung halaman.

Program ini sebelumnya dilaksanakan di Desa Aik Berik sebelum pandemi Covid-19 dan tahun ini akan dilaksanakan di Desa Lantan.

"Penetapan Desa Lantan menjadi Desmigratif itu ditetapkan oleh pusat setelah dilakukan survei oleh tim," katanya.

Bantuan tersebut diberikan kepada empat kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 10 orang dengan nilai bantuan Rp 20 juta.

Sebelum diberikan bantuan, para penerima bantuan akan diberikan pelatihan tentang usaha, seperti di bidang tata boga, pertanian atau usaha UMKM lainnya.

Kementerian Ketenagakerjaan menyasar TKI yang berada di Lombok Tengah, tujuannya sungguh mulia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News