Bendera Merah Putih Berkibar di Taman Laut Pandanan Lombok, 77 Penyelam Penuh Semangat

Rabu, 17 Agustus 2022 – 06:29 WIB
Bendera Merah Putih Berkibar di Taman Laut Pandanan Lombok, 77 Penyelam Penuh Semangat - JPNN.com NTB
Penyelam memegang bagian Bendera Merah Putih yang dikibarkan di dalam perairan Taman Laut Pandanan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (16/8/2022). (ANTARA/HO-Eko)

ntb.jpnn.com, LOMBOK UTARA - Bendera Merah Putih berkibar dengan gagahnya di dalam perairan Taman Laut Pandanan, Desa Malaka, Pemenang, Lombok Utara, NTB.

Hal itu dilakukan oleh 77 penyelam, Selasa (16/8), untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke-77.

Pengibaran bendera di Taman Laut Pandanan melibatkan penyelam dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar, Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang Wilayah Kerja Gili Matra, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat, Polisi Air dan Udara Polda Nusa Tenggara Barat, TNI Angkatan Laut, Badan SAR Nasional, serta Dinas Kelautan dan Perikanan NTB.

Mahasiswa dari Universitas Mataram serta anggota Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat, Yayasan Deep Blue Sea, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pandanan, Pokmaswas Deep Blue Sea, dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara juga terlibat dalam kegiatan pengibaran bendera tersebut.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat Ruspono mengatakan bahwa selain pengibaran bendera di dalam laut, peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI juga meliputi kegiatan pelepasan 178 tukik di perairan Taman Laut Pandanan.

Jjumlah tukik yang dilepaskan merupakan gabungan dari tanggal dan bulan kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu tanggal 17 dan bulan 8.

"Tukik-tukik tersebut berasal dari penetasan semi alami yang dilakukan oleh Kelompok Pelestari Penyu Kerabat Penyu Lombok di Desa Kuranji Dalang, Lombok Barat," katanya.

Peringatan  ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI, ia melanjutkan, juga mencakup penurunan 20 unit media transplantasi karang dengan struktur tetrahedron yang dibuat dari ban mobil bekas isi beton di area kebun bibit karang Taman Laut Pandanan serta pembersihan sampah di dasar dan permukaan laut.

Bendera Merah Putih berkibar dengan gagahnya di Taman Laut Pandanan Lombok, menggugah rasa nasionalisme
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia