400 Dosis Vaksin Bagi Ternak di Ranggegata, yang Hamil Bersabar Dulu

Selasa, 16 Agustus 2022 – 09:27 WIB
400 Dosis Vaksin Bagi Ternak di Ranggegata, yang Hamil Bersabar Dulu - JPNN.com NTB
Ilustrasi. Sapi di Lombok, NTB yang terjangkit PMK. Foto: Dokumentasi Kementan

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Sebanyak 400 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) berhasil disuntikkan pada ternak sapi di Desa Ranggegata.

Hal tersebt diungkapkan Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Itu total capaian pelayanan vaksinasi PMK dari jumlah populasi yang terdata sebanyak 500 ekor," kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Infan Nurmansyah, Senin (15/8).

Jajaran Polsek Praya Barat Daya bersama anggota TNI melaksanakan pengamanan dan pengawalan pelaksanaan pemberian vaksin AFTOPOR untuk penanggulangan PMK di wilayah Desa Ranggegata.

"Pemberian vaksin AFTOPOR (Greather than 6PD50), ditujukan untuk hewan ternak (sapi) milik masyarakat, dalam rangka penanggulangan penyakit PMK di Wilayah Kecamatan Praya Barat Daya," katanya.

Ia mengatakan, untuk memudahkan dan mempercepat pelaksanaan kegiatan vaksinasi, tim vaksinator kecamatan di bagi menjadi tiga tim, yang masing-masingnya memiliki pendamping petugas keamanan dari personel jajaran Polres Lombok Tengah.

"Setiap tim vaksinator dan pendamping mendatangi kandang milik warga yang ada di Desa Ranggegata," katanya.

Untuk mempermudah pengenalan terhadap ternak yang sudah divaksin maka dilakukan Pemberian tanda kalung nomor pada sapi setelah dilakukan penyuntikan vaksin.

Sebanyak 400 dosis vaksin PMK telah diberikan bagi ternak di Ranggegata, yang hamil bersabar dulu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News