Berantas Rentenir yang Melilit Rakyat, Pemkab Lombok Timur Punya Program Khusus

Jumat, 05 Agustus 2022 – 08:58 WIB
Berantas Rentenir yang Melilit Rakyat, Pemkab Lombok Timur Punya Program Khusus - JPNN.com NTB
Sekda Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat M Juaini Taofik (Tengah) saat acara wibinar di kantor bupati setempat. (ANTARA/Istimewa)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Pemkab Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat berkomitmen untuk memberantas rentenir dengan program yag dimiliki.

Melalui program ini, kredit diberikan tanpa bunga (berkembang) dan telah diluncurkan pada 2020.

"Ini menjadi salah satu program unggulan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Lombok Timur," kata Sekda Lombok Timur, M Juaini Taofik, Kamis (4/8).

Keberhasilan Lombok Timur disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur pada Webinar yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah (Kemendagri) bertema Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Pemerintah Daerah Dalam Rangka Optimalisasi Peran TPAKD.

"Program ini juga telah mendapat penghargaan sebagai kabupaten terbaik kategori inovasi program pengembangan akses keuangan di sektor peternakan," katanya.

Ia menekankan, keberhasilan Lombok Timur pada pendampingan yang dilakukan sejak awal hingga akhir proses, termasuk dalam teknis peternakan terkait manajeman peternakan dan kesehatan hewan, hingga proses pelunasan.

Kredit macet (non performing loan/ NPL) pada Lombok Timur berkembang relatif sangat kecil.

"Kredit macet angkanya hanya 3 persen, itu pun di BNI saja, sementara di BRI tidak ditemukan permasalahan serupa," katanya.

Untuk memberantas rentenir yang mencekik rakyat, Pemkab Lombok Timur punya program khusus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News