Update Kebakaran di Gili Trawangan: Sistem Drainase jadi Solusi

Kamis, 04 Agustus 2022 – 09:24 WIB
Update Kebakaran di Gili Trawangan: Sistem Drainase jadi Solusi - JPNN.com NTB
Salah satu hotel yang mengalami kebakaran di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Istimewa)

ntb.jpnn.com, GILI TRAWANGAN - Kepolisian mengusulkan pemerintah untuk membuat sistem drainase khusus demi menanggulangi kebakaran seperti yang terjadi pada akhir pekan lalu di Gili Trawangan.

Demikian diungkapkan Kapolres Lombok Utara, AKBP I Wayan Sudarmanta.

"Kami menawarkan sistem drainase yang disiapkan khusus untuk memadamkan api. Jadi begitu ada kejadian kebakaran, tinggal dibuka drainase-nya, langsung bisa semprotkan air menggunakan mesin. Itu yang nantinya ingin kami sampaikan ke pemda (pemerintah daerah)," kata AKBP Wayan, Rabu (3/8).

Perihal operasional dari sistem drainase tersebut, pihak pemerintah harus bisa mengikutsertakan peran masyarakat, khususnya yang berdomisili di Gili Trawangan.

"Gili ini kan terpisah, sebuah kepulauan, jadi, apabila terjadi kebakaran, maka masyarakat di Gili-lah yang harus lebih dahulu memadamkan. Tidak perlu lagi menunggu petugas bawa air dari pulau seberang," ujarnya.

Terkait dengan keterlibatan masyarakat di Gili Trawangan ini juga menjadi rencana kepolisian dalam pembahasan bersama pemerintah.

"Kami tawarkan sistem itu (drainase) dibuatkan SOP. Misalkan, bagian utara yang kebakaran, warga di sebelah Barat dan Timur, sekitarnya, wajib bantu," ucap dia.

Termasuk juga dalam hal pemeliharaan sarana dari sistem pemadam kebakaran di Gili Trawangan.

Update peristiwa kebakaran di Gili Trawangan: polisi usulkan sistem drainase untuk jadi solusi
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia