PLN dan Unram Latih Nelayan buat Pakan Lobster, Simak Caranya

Kamis, 28 Juli 2022 – 13:40 WIB
PLN dan Unram Latih Nelayan buat Pakan Lobster, Simak Caranya - JPNN.com NTB
lustrasi: Lobster. (ANTARA News)

ntb.jpnn.com, MATARAM - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara memberikan pelatihan kepada nelayan untuk membuat pakan pellet moist bahan baku lokal untuk budi daya lobster di keramba jaring apung.

Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Mataram, NTB.

Manajer Perizinan dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Prapsakti Wahyudi menjelaskan, pelatihan pembuatan pakan lobster tersebut merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) bertajuk pemberdayaan masyarakat di kawasan pesisir.

"Sasaran kami adalah kelompok nelayan Pasir Putih, dengan memberikan pelatihan pengelolaan hasil laut dan strategi pemasaran dalam konsep agroekowisata bagi peningkatan ekonomi masyarakat pesisir di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur," katanya, Rabu (27/7).

Menurut dia, penyaluran program TJSL PLN harus memiliki semangat berkelanjutan dan berkesinambungan yang mampu menciptakan dampak yang berkelanjutan.

Untuk itu, PLN tetap berkomitmen melaksanakan pemberdayaan melalui program-program tanggung jawab sosial yang dapat menghadirkan dampak langsung kepada masyarakat.

"Melalui program seperti itu, para nelayan yang ada di Desa Ekas Buana, dapat menghasilkan lobster yang berkualitas," ujarnya.

Toni, salah satu peserta pelatihan mengatakan potensi daerah pesisir di Desa Ekas Buana, kaya akan hasil laut dan memiliki panorama pantai yang sangat eksotis sehingga memiliki daya tarik tersendiri untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir.

PLN bekerja sama dengan Unram melakukan pelatihan nelayan untuk membuat pakan lobster, begini caranya
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia