Lombok Tengah Jadi Percontohan Gagah Bencana, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Senin, 25 Juli 2022 – 17:23 WIB
Lombok Tengah Jadi Percontohan Gagah Bencana, Berikut Penjelasan Lengkapnya - JPNN.com NTB
Kepala BPBD Lombok Tengah Ridwan Ma'ruf (kanan kedua) pada acara bimbingan teknis pelaksanaan Gagah Bencana di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO BPBD Lombok Tengah)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Lombok Tengah dipilih menjadi daerah percontohan pelaksanaan Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap, dan Tangguh Bencana atau Gagah Bencana.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah Ridwan Ma'ruf.

Seusai sosialisasi program Gagah Bencana di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Senin (25/7), pihaknya menjelaskan bahwa program Tim Penggerak PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat itu mencakup peningkatan kesiagaan warga menghadapi bencana  kebakaran, kekeringan, atau bencana alam yang lain.

Dia menekankan pentingnya kesiapsiagaan warga dalam menghadapi potensi bencana kekeringan dan kebakaran pada musim kemarau serta banjir dan tanah longsor pada musim hujan di daerah-daerah yang rawan bencana di bagian selatan Kabupaten Lombok Tengah.

"Desa Rambitan merupakan wilayah rawan bencana kekeringan," katanya.

Gagah Bencana dijalankan hingga di tingkat desa guna meningkatkan kemampuan setiap individu dalam keluarga dan masyarakat dalam melakukan upaya mitigasi dan penanganan dampak bencana.

"Masyarakat harus waspada terhadap bencana alam yang (bisa) terjadi dan bisa menyelamatkan diri ketika terjadi bencana alam," kata Ridwan.

​​​​​​"Intinya warga harus bisa menghadapi berbagai bencana alam yang akan terjadi. Itulah tujuan kegiatan Gagah Bencana," tuturnya. (antara/ket/jpnn)

Kabupaten Lombok Tengah terpilih menjadi daerah percontohan Gagah Bencana, berikut ini penjelasan lengkapnya

Redaktur & Reporter : Ni Ketut Efrata Fransiska

Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia