Cuaca NTB Hari Ini: Awas Hujan Lebat dan Kawan-kawannya

Rabu, 13 Juli 2022 – 09:37 WIB
Cuaca NTB Hari Ini: Awas Hujan Lebat dan Kawan-kawannya - JPNN.com NTB
Ilustrasi- Awan hitam menyelimuti langit, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang harus diwaspadai. ANTARA/Basri Marzuki

ntb.jpnn.com, JAKARTA - Prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang melanda sejumlah wilayah Indonesia, Rabu (13/7).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi terbut bagi wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Potensi serupa juga bisa terjadi di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG di Jakarta, disampaikan bahwa potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang juga diperingatkan untuk Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali.

Dikemukakan BMKG, daerah tekanan rendah berada di Samudera Hindia barat Sumatera yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Samudra Hindia selatan DIY hingga barat Banten, di Sumatra Barat dan di Samudra Hindia barat Sumatra.

Sementara itu, sirkulasi siklonik berada di pesisir timur Filipina dan Papua yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Filipina bagian selatan dan Papua.

Daerah konvergensi lainnya memanjang di Aceh, Laut China Selatan, Laut Jawa, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Selat Makassar, Sulawesi bagian tengah, dari Gorontalo hingga Laut Sulawesi, dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara, dari Laut Banda hingga Maluku, dari Laut Arafuru hingga Maluku bagian tenggara, dan dari Papua Nugini hingga Papua Barat.

BMKG menyampaikan kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah daerah tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. (antara/ket/jpnn)

Prakiraan cuaca di NTB hari ini: Waspada hujan lebat dan kawan-kawannya semeton

Redaktur & Reporter : Ni Ketut Efrata Fransiska

Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia